Thursday, March 15, 2018

cara menghitung Luas dan Volume pada AutoCAD



Halo sobat, kali ini saya akan membagikan cara bagaimana menghitung Luas dan Volume pada AutoCAD dengan mudah. persyaratan pertama yaitu sobat harus menggambar dengan perintah polyline, rectangle, atau circle. intinya antar line itu menjadi satu kesatuan contoh seperti gambar dibawah



Nah setelah drawing sudah jadi seperti ini selanjutya anda bisa menghitung luas dari gambar tersebut. disini gambar yang akan dihitung adalah drawing 2D. 
ketikan LI lalu tekan enter / spasi, lalu klik object yang akan dihitung luas nya.
maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.


nah untuk hasilnya sendiri disini adalah sesuai settingan unit yang sobat gunakan. contoh disini saya menggunakan setting unit milimeter (mm) jadi untuk hasilnya berarti 10.000mm² untuk menjadi meter persegi (m²) tinggal sobat bagi dengan 1.000.000 maka anda akan dapat 0.01m².

selanjutnya saya akan share cara untuk menghitung volume dari sebuah drawing 3D. coba sobat drawing sebuah Object 3D apapun yang sobat ingin hitung. contoh disini saya akan menghitung volume dari contoh drawing diatas ada persegi 100x100 yang saya extrude juga 100. maka akan tampak seperti gambar dibawah ini


nah setelah jadi tinggal sobat ketikan massprop enter/spasi, lalu klik gambar 3d tersebut. maka akan tampil seperti gambar dibawah.


dan hasilnya adalah 1.000.000 mmᶟ untuk menjadi meter kubik (mᶟ) anda tinggal bagi 1.000.000, maka hasilnya anda akan dapat 1 mᶟ. mudah bukan. selanjutnya bisa sobat kreasikan sendiri.


No comments:

Post a Comment