Thursday, March 22, 2018

Draw Toolbar, Pengenalan Draw Toolbar Pada AutoCAD

Berikut saya akan menjelaskan perintah apa saja yang ada di Toolbar Draw yang ada di AutoCAD.
untuk setiap versi autocad mungkin penampakanya akan berubah namun  nama dari perintah tersebut akan selalu sama terlebih kalau sobat mahir menggunakan autocad dengan command ini akan mempermudah sobat dalam menggunakan versi autocad berapapun.
ok langsung saja yaa saya akan jelaskan satu persatu sesuai dengan urutannya.


  1. LINE berfungsi untuk membuat sebuah garis dengan cara menentukan dua buah titik ujung,dimana  ujung  dari  garis  sebelumnya  merupakan  titik  awal  dari  garis berikutnya
  2. RAY adalah Garis bantu dari satu titik tumpu ke satu arah yang lain dengan - panjang tidak terbatas.
  3. CONSTRUCTION LINE adalah Garis bantu dari satu titik tumpu ke dua arah yang lain dengan panjang tidak terbatas. 
  4. MULTILINE adalah Garis double yang bisa ditentukan posisi kursor, skala ( jarak  antar  garis ) maupun jenis garisnya. 
  5. POLYLINE adalah Garis satu kesatuan yang dapat  diatur  ketebalanya pada awal - maupun ujungnya. Jenis lain dari polyline adalah 3D Polyline, dimana sifatnya sama dengan garis polyline tetapi pengaturan ketebalanyadapat dilakukan terhadap tinggi obyek. 
  6. POLYGON adalah perintah untuk membuat segi banyak dimana semua sisinya sama panjang. Adapun jumlah sisinya minimal 3 sedangkan maksimalnya adalah 1024
  7. RECTANGLE adalah  perintah untuk membuat kotak dengan cara menentukan titik diagonal. Rectangle dibuat dari Polyline, yaitu obyek yang semua segmenya merupakan satu besaran. 
  8. ARC adalah perintah untuk membuat busur lingkaran atau garis - lengkung
  9. CIRCLE  adalah perintah untuk membuat lingkaran atau objek bulat yang tertutup
  10. REVISION CLOUD adalah perintah untuk membuat garis seperti awan yang gunanya untuk memberi tanda revisi pada suatu gambar
  11. SPLINE adalah perintah untuk membuat kurva spline dengan mengikuti beberapa titik kontrol yang dimasukkan sesuai dengan besar - toleransinya
  12. ELLIPSE adalah perintah untuk membuat elips, yaitu suatu kurva ( obyek tertutup yang melengkung ) yang memiliki dua sumbu, yaitu sumbu mayor dan sumbu minor.
  13. ELLIPSE ARC adalah perintah untuk membuat elips, yaitu suatu kurva ( obyek tertutup yang melengkung ) yang menggunakan 5 titik sudut.
  14. DONUT adalah perintah untuk membuat lingkaran dengan ketebalan tertentu. Dalam pembuatan ini harus ditentukan diameter dalam ( Inside diameter ) serta diameter luar ( Outside diameter )
  15. POINT adalah perintah untuk membuat sebuah titik. Adapun defaultnya bentuk titik adalah noktah, akan tetapi bentuk tersebut bisa diubah sesuai dengan keinginan
  16. HATCH adalah  perintah untuk mengarsir suatu area yang mengharuskan area tersebut disudutnya harus bersinggungan atau setiap sudut harus tertutup.
  17. REGION adalah perintah untuk menyatukan garis atau object  2D agar menjadi satu kesatuan syaratnya ujung garis harus bersinggungan.
  18. TEXT adalah perintah untuk membuat huruf abjad ataupun angka

No comments:

Post a Comment