Saturday, March 24, 2018

cara membuat rectangle, tips and trick


Rectangle adalah perintah untuk membuat kubus atau balok.
disini saya akan share beberapa cara untuk membuat command Rectangle
note : klik diartikel ini adalah klik kiri pada mouse dan juga klik yang dimaksud adalah klik pada lembar kerja autocad.
  • cara pertama yaitu dengan menggunakan spesifikasi corner atau sudut. langsung saja ikuti langkah-langkah berikut. Ketik REC > Enter > klik 1 dan 2 untuk Spesifikasi Corner/Sudut . Maka akan seperti ini penampakannya.
  • cara yang kedua adalah membuat rectangle dengan langsung memasukan nilai dari rectangle yang di inginkan contoh ukuran kertas A4 210x297. langsung saja ketik REC > Enter > klik > lalu masukan 210,297 lalu enter, maka hasilnya seperti gambar dibawah ini

note; untuk penulisan dari 210,297 gunakan tanda koma yaa jangan titik. karna jika menggunakan titik. maka hasil rectangle yang dihasilkan tidak sesuai dengan tutorial diatas

  • cara ketiga yaitu membuat rectangle dengan adanya tambahan champer pada setiap sudut nya. langsung saja simak yaa sobat. ketik REC > enter > C > enter > lalu masukan nilai untuk champer contoh 2 > enter > masukan kembali nilai untuk champer contoh 2 > enter > klik > lalu masukan nilai untuk rectang 10,10 > enter. maka hasilnya seperti gambar dibawah ini
  • cara ke empat yaitu membuat rectangle dengan ditambahkan Elevation. elevation sendiri adalah tinggi dari suatu permukaan. jadi kalau biasa nya kita membuat drawing 2D itu ada di elevasi 0. langsung saja bagi temen-temen yang ingin tau cara nya. ketik ARC > enter > E > enter > masukan nilai untuk elevasi yang di inginkan contoh 5 > enter > klik > lalu masukan ukuran untuk rectangle contoh 10,10 > enter. jika berhasil maka akan tampak seperti gambar di bawah.
  • cara yang kelima yaitu membuat rectangle dengan adanya tambahan radius atau fillet pada setiap sisi rectangle. langsung saja yaa sobat simak, ketik REC > enter > F > masukan nilai untuk Fillet contoh 2 > enter > klik > masukan nilai 10,10 untuk ukuran rectangle > enter. jika berhasil maka akan tampak seperti gambar di bawah.
  • cara yang ke enam yaitu membuat rectangle dengan memasukan nilai Thickness. saya sendiri belum tau kegunaan nya untuk apa tapi yang jelas saya akan ulas juga demi kelengkapan artikel ini. ok langsung aja yaa sobat semua. ketik REC > enter > T > enter > masukan nilai untuk Thickness contoh 2 > enter > klik > masukan nilai untuk rectang contoh 10,10 > enter. jika berhasil maka hasilnya seperti gambar dibawah ini.


  • cara yang ke tujuh yaitu membuat rectangle dengan memberi ketebalan pada line. mungkin akan timbul pertanyaan kenapa tidak dengan cara setting pada layer saja. jelas nya sangat berdeda ketika kita menebalkannya dengan cara ini. langsung saja simak yaa sobat, ketik REC > enter > W > enter > masukan angka untuk lebar garis conto 1 > enter > klik > masukan nilai untuk rectangle contoh 10,10 > enter. jika berhasil maka hasil nya akan jadi seperti gambar dibawah ini.
  • cara yang kedelapan yaitu cara membuat rectangle dengan luas area yang kita masukan diawal setelah itu kita akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu yang pertama width (lebar) atau length (panjang) dimana kita hanya bisa memilih salah satu nya dari dua pilihan tersebut. langsung simak yaa sobat. ketik REC > enter > klik > A > enter > masukan luas area nya contoh 50 > enter > klik > pilih W atau L contoh L > lalu masukan nilai L contoh 15 > jika berhasil maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.



  • cara yang kesembilan yaitu cara membuat rectangle dengan Dimension. mungkin sobat semua bertanya-tanya. bukan kah membuat rectangle memang nya harus menggunakan dimensi yaa? jawabanya memang dimensi ketika kita memasukan angka nya tapi diakhir hasil akhir dari arah rectangle ini akan di tanyakan. ok langsung simak yaa sobat semua, ketik REC > enter > klik > D > enter > masuk nilai untuk length/panjang contoh 10 > enter > masuk nilai untuk width/lebar contoh 10 > enter > selanjutnya arahkan kursor ke atas, bawah, kiri atau kanan pilih sesuai keinginan. jika berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini. 


  • cara yang kesepuluh ini atau cara yang terakhir ini adalah cara bagaimana membuat rectangle dengan memasukan nilai sudut atau rotasi. mungkin ketika sobat telah membuat dan memasukan nilai pada rectangle tapi tidak sesuai ukuran nya solusinya yaitu dengan menggabungkan dua perintah yaitu Rectangle dimension dengan rectangle Rotasion. ok langsung simak yaa sobat semua. ketik REC > enter > klik > R > masukan nilai dari kemiringan nya contoh 30 > enter > D > enter > masukan nilai 10,10 > enter > arahkan kursor ke atas, bawah, kiri atau kanan pilih sesuai keinginan. jika berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini. dibawah ini saya memberikan dua ilustrsi dimana ketika sobat menggunakan rectangle dengan rotation tanpa di tambahkan command dimensions maka ketika kita memasukan nilai untuk ukuran rectangle contoh 10,10 maka hasilnya seperti gambar dibawah ini yang text dibawah nya bertuliskan tanpa dimensions. terlihat berbeda bukan hasilnya dari 10,10 nya itu diterjemahkan sebagai batas sudut bawah pada sisi bawah kiri dan kanan atas. berbeda jika ditambahkan dengan perintah dimension karna angka yang dimasukan ketika membuat rectangle contoh 10,10 maka garis yang dihasilkan akan benar sama seperti gambar dibawah ini.
ok sobat semua sekian dulu artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi sobat semuanya. terimakasih sudah berkunjung di blog saya yg sederhana ini.

baca juga artikel saya tentang :


No comments:

Post a Comment